Magister Manajemen

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta secara resmi berdiri pada tahun 2001, melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No.: 3101/D/T/2001 tertanggal 26 September 2001.  MM-FE UPNVY adalah program studi lanjut (S.2) tingkat Pascasarjana di bidang manajemen.  Pada awalnya, pendidikan pascasarjana hanya diselenggarakan oleh universitas. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sejak tahun 2015 penyelenggaraan pendidikan pascasarjana diserahkan kepada fakultas yang relevan.

Tujuan utama dari pendirian program Magister Manajemen adalah untuk menghasilkan calon manajer profesional yang berkualitas. Karena itu pendidikan Magister Manajemen ini disebut pendidikan S 2 studi manajemen jalur profesi. Sebagai suatu program pendidikan yang bertumbuh menuju dewasa, program studi Magister Manajemen membutuhkan kerja keras dan waktu persiapan yang cukup panjang baik dalam hal pengembangan kurikulum maupun dalam hal pengembangan fasilitas pendidikan yang sesuai standar pendidikan MBA dan kebutuhan industri. Pengembangan kurikulum MM-FE UPNVY berdasarkan pertemuan dan diskusi dengan berbagai Alumni. Sedangkan pengembangan fasilitas, mayoritas masih dari lembaga. Saat ini MM-FE UPNVY telah terakreditasi dengan nilai B

Keberadaan Program Studi MM-FE UPNVY UPN “Veteran” Yogyakarta adalah untuk  membekali  mahasiswa  dengan  kompetensi  di  bidang manajemen. Sesuai dengan Visi UPN “Veteran” Yogyakarta, Program Studi MM UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki Visi : Menjadi Program Studi Magister Manajemen terdepan, modern, dan mandiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi  dilandasi moral Pancasila, jiwa kejuangan dan wawasan kebangsaan dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Program Studi MM-FE UPNVY banyak melakukan berbagai penyesuaian dalam peminatan konsentrasi. Konsentrasi  yang ditawarkan adalah Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan. MM-FE UPNVY memperkenalkan konsentrasi baru, Manajemen Operasi dan Manajemen Strategik dalam rangka melengkapi konsentrasi yang ditawarkan oleh peminatan. Dengan diperkenalkannya konsentrasi baru ini maka MM-FE UPNVY telah melengkapi seluruh area dari fungsi manajemen.

Gelar Magister Manajemen (MM) diperoleh dengan penyelesaian total 45 SKS. MM-FE UPNVY memelihara hubungan dengan alumninya melalui interaksi yang konstruktif untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berkelanjutan dan dalam rangka membangun jaringan. Hasil pembelajaran dari program ini adalah para manajer yang profesional dengan pengetahuan yang kuat, kepemimpinan, dan kemauan untuk selalu mengedepankan etika dalam segala aspek. Hasil belajar tersebut merupakan manifestasi peningkatan individu dalam pengayaan ilmu, perubahan pola pikir, dan pengarahan tindakan positif terhadap aspek sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Tujuan PPS MM menghasilkan lulusan yang mampu berpikir analisis, kritis, dan sintesis dan mengembangkan soft skill agar mampu bersaing dengan pasca sarjana yang lainnya.

 

BULLETIN BOARD

1) Redesign Kurikulum Magister Manajemen

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Jaminan Kualitas Pendidikan menetapkan ketentuan mengenai jumlah mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa, baik di tingkat S1, S2, maupun S3. Khusus untuk mahasiswa S2, mereka diwajibkan menyelesaikan 54 hingga 72 satuan kredit semester (SKS) dalam rentang waktu studi 3-4 semester.

Sehingga, perlu dilakukan peninjauan kurikulum secara berkala. Prodi Magister Manajemen (MM) telah melakukan peninjauan kurikulum setiap dua tahun sekali dimana tahun ini mengangkat tema “Redesign Kurikulum”. Redesign kurikulum adalah proses menyempurnakan atau mengubah susunan, struktur, atau isi dari suatu kurikulum pendidikan. Hal ini bisa melibatkan peninjauan kembali tujuan pendidikan, metode pengajaran, materi pembelajaran, serta evaluasi yang digunakan dalam proses pendidikan. Redesign kurikulum biasanya dilakukan untuk memperbaharui pendekatan pendidikan, menyesuaikan dengan perkembangan terkini dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan relevansi dan efektivitas pendidikan dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tuntutan masa depan.

Redesain kurikulum memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

  1. Mengadaptasi kurikulum dengan perkembangan terkini di berbagai bidang pendidikan memungkinkannya menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masa kini;
  2. Redesain kurikulum melibatkan peningkatan metode pengajaran dan isi pembelajaran, yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan dalam menghasilkan pemahaman dan keterampilan yang lebih baik pada peserta didik;
  3. Kurikulum yang diubah desainnya cenderung lebih mampu mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan dan tantangan masa depan, termasuk dalam menghadapi kemajuan teknologi, perubahan sosial, dan kebutuhan pasar kerja yang sedang berkembang;
  4. Redesain kurikulum mencakup upaya untuk memperhatikan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa seperti gaya belajar yang berbeda, kebutuhan khusus, dan latar belakang budaya yang beragam;
  5. Integrasi unsur-unsur menarik dan relevan dalam kurikulum dapat membuat mahasiswa lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran;
  6. Kurikulum yang direvisi dengan baik dapat membantu meningkatkan daya saing sistem pendidikan suatu negara secara global, dengan menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan standar internasional;
  7. Melalui redesain kurikulum, pengukuran hasil pembelajaran dapat disesuaikan agar lebih mencerminkan tujuan pendidikan yang diinginkan, sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kemajuan pendidikan;

Proses redesain kurikulum seringkali mendorong inovasi dalam pendidikan dan memperkuat hubungan antara praktisi pendidikan, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya, yang dapat berdampak positif pada perkembangan pendidikan secara keseluruhan.

Peninjauan kurikulum tahun ini diadakan di Balkondes Ngadiharjo-Magelang, Tanggal 17-19 April 2024 dengan tema : "REDESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA". Narasumber oleh Dr. Anida Binti Robani dari Institute of Technology Management and Entrepreneurship Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Melaka, MALAYSIA. Peserta Workshop dihadiri oleh Tim Kurikulum dan para dosen Prodi Magister Manajemen UPN Veteran Yogyakarta.

Workshop telah menghasilkan gambaran dan masukan bagi Tim Kurikulum dan Seluruh Tim Dosen Magister Manajemen bahwa kurikulum harus berwawasan internasional dengan salah satu indikator nya menggunakan RPS OBE dalam proses pembelajaran, melakukan rekognisi pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga penambahan SKS tidak menjadi beban bagi mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan.