PROFIL SINGKAT
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta secara resmi berdiri pada tahun 2001, melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No.: 3101/D/T/2001 tertanggal 26 September 2001. MM-FE UPNYK adalah program studi lanjut (S.2) tingkat Pascasarjana di bidang manajemen. Pada awalnya, pendidikan pascasarjana hanya diselenggarakan oleh universitas. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sejak tahun 2015 penyelenggaraan pendidikan pascasarjana diserahkan kepada fakultas yang relevan.
Tujuan utama dari pendirian program Magister Manajemen adalah untuk menghasilkan calon manajer profesional yang berkualitas. Karena itu pendidikan Magister Manajemen ini disebut pendidikan S2 studi manajemen jalur profesi. Sebagai suatu program pendidikan yang bertumbuh menuju dewasa, program studi Magister Manajemen membutuhkan kerja keras dan waktu persiapan yang cukup panjang baik dalam hal pengembangan kurikulum maupun dalam hal pengembangan fasilitas pendidikan yang sesuai standar pendidikan MBA dan kebutuhan industri. Pengembangan kurikulum MM-FE UPNYK berdasarkan pertemuan dan diskusi dengan berbagai Alumni. Sedangkan pengembangan fasilitas, mayoritas masih dari lembaga. Saat ini MM-FE UPNYK telah terakreditasi dengan nilai B
Keberadaan Program Studi MM-FE UPNYK UPN “Veteran” Yogyakarta adalah untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi di bidang manajemen. Sesuai dengan Visi UPN “Veteran” Yogyakarta, Program Studi MM UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki Visi : Menjadi Program Studi Magister Manajemen terdepan, modern, dan mandiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dilandasi moral Pancasila, jiwa kejuangan dan wawasan kebangsaan dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
Program Studi MM-FE UPNYK banyak melakukan berbagai penyesuaian dalam peminatan konsentrasi. Konsentrasi yang ditawarkan adalah Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan. MM-FE UPNYK memperkenalkan konsentrasi baru, Manajemen Operasi dan Manajemen Strategik dalam rangka melengkapi konsentrasi yang ditawarkan oleh peminatan. Dengan diperkenalkannya konsentrasi baru ini maka MM-FE UPNYK telah melengkapi seluruh area dari fungsi manajemen.
Gelar Magister Manajemen (MM) diperoleh dengan penyelesaian total 45 SKS. MM-FE UPNYK memelihara hubungan dengan alumninya melalui interaksi yang konstruktif untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berkelanjutan dan dalam rangka membangun jaringan. Hasil pembelajaran dari program ini adalah para manajer yang profesional dengan pengetahuan yang kuat, kepemimpinan, dan kemauan untuk selalu mengedepankan etika dalam segala aspek. Hasil belajar tersebut merupakan manifestasi peningkatan individu dalam pengayaan ilmu, perubahan pola pikir, dan pengarahan tindakan positif terhadap aspek sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Tujuan PPS MM menghasilkan lulusan yang mampu berpikir analisis, kritis, dan sintesis dan mengembangkan soft skill agar mampu bersaing dengan pasca sarjana yang lainnya.
BULLETIN INFORMASI
1) Survey Kelulusan (Tracer Study)
2) Press Release: Incoming Global Volunteer AIESEC in UPNVY - Delegasi Asing Mengajar dan Berbagi Pengalaman di Yogyakarta
Yogyakarta, 22 Juni 2024– AIESEC in UPN Veteran Yogyakarta kembali mengadakan program Incoming Global Volunteer yang berlangsung dari 22 Juni hingga 3 Agustus 2024. Program ini menghadirkan para delegasi internasional dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, salah satunya adalah mengajar anak-anak di beberapa desa di Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh delegasi internasional yang berasal dari Mesir, Cina, Vietnam, Pakistan, Jepang, dan Maroko. Para peserta dalam program ini adalah:
1. Amr Khaleed A. M. Ibrahim (141235001)
2. Mariam Hesham S. M. S. Elimam (241235001)
3. Lingxin Kong (141235002)
4. Nour El Houda Saidi (242235001)
5. Tran Ngoc Tram Le (141235003)
6. Xinyi Yu (142235001)
7. Ha Minh Anh Nguyen (142235002)
8. Alishba Abbas (142235003)
9. Ayesha Zafar (143235001)
10. Kazuki Mitsuji (241235002)
11. Nguyen Nhu Hung (243235001)
12. Nguyen Thi Van (143235002)
13. Vu The Binh (143235003)
14. Shijia HUA (151235001)
15. Thi Thao Linh Vo (151235002)
Selama enam minggu, delegasi terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkenalkan budaya global kepada anak-anak di beberapa lokasi di Yogyakarta. Mereka mengajar anak-anak di tiga desa, yaitu Desa Purbayan, Desa Purwokinanti, dan Desa Wirobrajan. Selain itu, selama dua minggu terakhir, mereka juga mengajar di dua sekolah dasar, yakni SD Mutiara Persada dan SD Tumbuh 3. Kegiatan ini tidak hanya fokus pada pengajaran, tetapi juga memperkenalkan budaya dan nilai-nilai global kepada masyarakat setempat. Delegasi internasional bekerja sama dengan Local Volunteer yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa lokal Jogja, yang turut serta mendampingi dan mendukung proses pembelajaran.
Selain mengajar, para delegasi juga diberi kesempatan untuk mempelajari kekayaan budaya Yogyakarta. Mereka mengunjungi tempat pemberdayaan UMKM batik, di mana mereka belajar tentang proses membatik tradisional. Para peserta juga mengikuti sesi belajar alat musik gamelan bersama komunitas karawitan UPN “Veteran” Yogyakarta, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan seni musik tradisional Jawa. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen AIESEC in UPNVY untuk memfasilitasi pertukaran budaya dan pengalaman global, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat Yogyakarta. Program Incoming Global Volunteer ini tidak hanya memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan lokal, tetapi juga membuka kesempatan bagi para peserta internasional untuk memahami lebih dalam tentang Indonesia, khususnya Yogyakarta, dengan segala keragaman budayanya. Dengan semangat kolaborasi, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan internasional sekaligus meningkatkan pemahaman lintas budaya antara delegasi dan masyarakat lokal. AIESEC in UPNVY terus berkomitmen untuk menciptakan peluang bagi anak muda dalam upaya pembangunan komunitas yang berkelanjutan.
3) Inisiasi Kerja Sama: Signing Memorandum of Agreement: FEB UPN “Veteran” Yogyakarta Bersama Universiti Teknikal Melaka (UTeM) Malaysia
Inisiasi kegiatan kerjasama antara PS Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPTK UTeM (the Institute of Technology management and Entrepreneurship) diawali Agustus 2023 dengan beragam kegiatan seperti Penyelenggaraan Kolokium Bersama bagi mahasiswa MM, FEB UPN “Veteran” Yogyakarta dan Mahasiswa magister di IPTK. Kemudian pertukaran dosen, publikasi bersama dan penelitian kerjasama internasional. Dekan IPTK Prof Dr Ahmad Zaki Bin A Bakar, MNCC, SEARCC mengapresiasi gerak cepat dan eksekusi kegiatan kerjasama yang masih yang dilakukan tim PIC UPN Veteran Yogyakarta. Langkah eksekusi kegiatan kerjasama yang massif, telah berhasil mendorong terealisasinya penandatanganan MoU kedua belah pihak, delegasi dari UTeM, Malaysia Prof. Dr. Sameer Ali Hussein Al-Shami di terima Rektor Prof. Dr. Muhammad Irhas Effendi bersama Wakil Rektor 3, Dekan FEB, Dekan FTI dan pengelola di PS Manajemen pada tanggal 27 September 2024 di Ruang Sidang Rektorat Lantai 1.
Dalam sambutannya Rektor UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari mitra kerjasama, diharapkan kegiatan-kegiatan konkrit difokuskan untuk peningkatan kapasitas pembelajaran kolaboratif guna mendukung pencapaian daya saing lulusan yang berdaya saing internasional. Beragam kebijakan telah dieksekusi UPN “Veteran“ Yogyakarta, salah satunya adalah mendorong Program Studi untuk mengisi kegiatan kerjasama yang sudah dibangun, salah satunya menambah skema hibah penelitian kerjasama internasional di LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.
Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Januar Eko Prasetyo, SE, M.Si, Akt juga mendorong terus program studi untuk aktif mendorong dosen dan mahasiswa berkegiatan di luar kampus, dan diharapkan dengan berkegiatan di luar kampus akan membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan. Dekan memberikan respon positif atas upaya publikasi bersama yang dilakukan oleh Program Studi. Untuk optimalkan kesempatan hadirnya kolega dari UTem tersebut, ketua jurusan memfasilitasi koordinasi tim penulis dengan Prof Dr Sammer sebagai coach untuk publikasi artikel di jurnal terindeks scopus dapat terealisasi. Artikel yang telah direview oleh tim reviewer UTeM, telah proses submit dan under review, diharapkan luaran ini akan meningkatkan IKU PS.
Ketua Jurusan Dr Titik Kusmantini, SE, Msi melaporkan 3 dosen di PTS Jurusan Manajemen telah berhasil memperoleh skema hibah penelitian kerjasama internasional. Dua tim dosen melakukan kerjasama penelitian dengan UiTM, dengan ketua peneliti Prof Dr M Irhas Effendi dan Dr Dyah Sugandini, SE, M.Si. Sedangkan tim penelitian kerjasama internasional dengan UTeM terdiri dari Dr Titik Kusmantini, SE, M.Si (Sebagai Ketua Peneliti UPN V YK); Dr Anida Robani (ketua Peneliti di UTeM), dan anggota peneliti Dr Heru tri Sutiono, SE, MSi serta Dr Zuhrotun, SE, MSi, Akt. Adapun judul penelitian: The Nexus Between Digital Economy and cooperative for Sustainable Rural Development: Comparative Study of Supply Chain Performance between BUMDes Indonesia and Desa Lestari Cooperatives, Malaysia.
4) Inisiasi Program: Manajemen FEB Jadi Co-Host ICOI 2024 di Vietnam
HO CHI MINH CITY - Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, menjadi co-host dalam International Conference of Organizational Innovation (ICOI) 2024 yang diadakan di Hoa Sen University, Ho Chi Minh, Vietnam. Konferensi tahunan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 Juli 2024 ini diikuti oleh delapan dosen dan dua mahasiswa dari Prodi Manajemen yang berperan sebagai presenter dan author.
The International Association Of Organizational Innovation (IAOI) bertujuan menjadikan ICOI sebagai konferensi kelas dunia. Memasuki tahun kelima belas, ICOI telah menjadi ajang bergengsi bagi akademisi dari berbagai negara untuk berbagi pengetahuan dan inovasi selama sepuluh tahun terakhir.
Acara dibuka oleh Dr. Dembowski, President of IAOI, dan dilanjutkan dengan sambutan dari President of Hoa Sen University, Assoc. Prof. Dr. Vo Thi Ngoc Thuy. Delegasi dari Program Studi Manajemen diwakili oleh para dosen, yaitu Dr. Titik Kusmantini, M.Si., Dr. Widhy Tri Astuti, M.Si., Dr. Nina Fapari Arif, M.Si., Dr. Purbudi Wahyuni, MM, Dr. Sri Dwi Ari Ambarwati, M.Si., Dra. Sri Budiwati, M.Si., Dra. Istiana Rahatmawati, M.Si., dan Dra. AYN Warsiki, serta dua mahasiswa S1 Manajemen yakni Ni Made Kiki Mahendri dan Fitriana Eka Safina. Adapun mahasiswa s2 Manajemen berpartisipasi sebagai penulis namun tidak sebagai pemakalah yakni Sinta Anggraeni Putri.
Pada kesempatan ini, artikel berjudul The Impact of Management Knowledge Capability on Organizational Performance with Innovation as a Mediator yang ditulis oleh Dr. Titik Kusmantini, M.Si., dan timnya berhasil meraih penghargaan sebagai best paper.
Konferensi ini diselenggarakan oleh Forum Manajemen Indonesia (FMI), Hoa Sen University Vietnam, dan International Association of Organizational Innovation (IAOI) USA. ICOI bertujuan menjadi saluran utama untuk berbagi pengetahuan dan promosi inovasi secara internasional. Konferensi ini mengundang para ahli dan akademisi di seluruh dunia untuk berbagi hasil penelitian dan praktik terbaik mereka melalui presentasi dan publikasi di IAOI.
Menurut Ketua Jurusan Manajemen, Dr. Titik Kusmantini, M.Si., yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, konferensi internasional ini merupakan peluang besar untuk memulai kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan inovasi antar institusi. "Kami mendorong para dosen dan mahasiswa untuk terus mengejar pengakuan internasional, berbagi hasil penelitian, dan praktik terbaik di seluruh dunia," ujarnya.
Selain itu, Dr. Titik berharap konferensi ini dapat memberikan inspirasi berharga untuk masa depan yang lebih baik. Konferensi ini juga dapat menjadi media untuk menyebarkan temuan penelitian berbasis bukti, argumen ilmiah yang signifikan, berbagi praktik terbaik, serta mendiskusikan isu-isu terkini.
5) Inisiasi Kerja Sama: Eksplorasi Kolaboratif Prodi Manajeman FEB UPN "Veteran" Yogyakarta Implementasikan Kerja Sama dengan Universitas di Malaysia
Program Studi Manajemen UPN "Veteran" Yogyakarta melanjutkan kerjasama dengan Management and Science University (MSU) dan Universiti Teknikal Melaka (UTeM) di Malaysia dengan melakukan kunjungan ke kedua universitas pada tanggal 25-29 April 2024.
Sebanyak 13 peserta, terdiri dari dosen dan staf akademik di bidang manajemen, bergabung dalam rombongan delegasi yang melakukan kunjungan studi ke MSU dan UTeM selama 4 hari, dimulai pada Kamis, 25 April 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya serta mendalami studi perbandingan dan mengeksplorasi sinergi dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat.
Selama kunjungan tersebut, peserta dari UPN "Veteran" Yogyakarta juga akan mempresentasikan artikel ilmiah yang telah mereka hasilkan untuk dikolaborasikan publikasi bersama dosen di UTeM. Begitu juga sebaliknya, dosen di UTeM juga mempresentasikan artikel ilmiah mereka untuk dipublikasikan bersama. Langkah ini diinisiasi oleh Dr Titik Kusamantini SE, M.Si selaku PIC yang melakukan eksplorasi penjajakan kerjasama dengan 2 PT di Malaysia tersebut. Menurut Dr Titik Kusmantini, kegiatan publikasi bersama diharapkan akan memperluas wawasan dan mendorong kerjasama dan memantik kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat internasional, yang menjadi fokus utama dalam memajukan kemitraan antara kedua lembaga pendidikan. Agenda lain di UTeM, melakukan pengabdian internasional bersama tim dosen PS Manajemen UPNV Yogyakarta dan tim dosen IPTK, UTeM dengan tajuk edukasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal bagi SME’s Halal Food Hub di Melaka. Narasumber pelatihan (1) Dr Heru Tri Sutiono (2) Dr Zanne; (3) Dr Waqar.
Selain itu, delegasi juga akan mengeksplorasi peluang untuk inisiasi pembukaan program penyelenggaraan pendidikan bergelar dengan mitra PT LN (Management and Science University, Malaysia) yakni pembukaan double degree bagi mahasiswa di PS Manajemen Program Sarjana dan Magister. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademik dan memberikan ruang bagi pembelajaran dan pengembangan profesional bersama. Dalam agenda kunjungan di MSU, fokus pada matching kurikulum dan pembahasan pelaksanaan teknis dan persyaratan double degree, dihadiri PIC Kerjasama internasional MSU dengan Indonesia yakni Dr Pitra Ahmad dan beberapa pejabat dekanat FEB dan Pascasarjana di MSU.
6) Press Release: "Executive Talk: Build a Culture of Risk Awareness and Integrated Risk Management"
Sabtu, 14 September 2024 Jurusan Manajemen Program Magister menyelenggarakan kuliah umum untuk menyambut mahasiswa baru Semester Gasal 2024/2025 yang berjumlah 55 mahasiswa. Orasi kuliah umum direncanakan diberikan oleh akademisi dan praktisi, Orasi praktisi disampaikan oleh Presiden Direktur Bursa Berjangka Jakarta Bapak Stepanus Paulus Lumintang dengan topik “Executive Talk: Build a Culture of Risk Awareness and Integrated Risk Management”. Sementara orasi akademisi tentang Risk Management akan disampaikan pekan depan oleh Prof. Dr. Fauzillah Saleh dari Universitas Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia. Menurut Dr. Titik Kusmantini, S.E., M.Si selaku Ketua Jurusan Manajemen tajuk orasi kuliah umum dipilih sesuai dengan isu keberlanjutan bisnis di era kompetisi yang tidak dapat diprediksi. Dalam upaya mempersiapkan lulusan sebagai wirausaha yang profesional, kreatif, inovatif, adaptif dan berwawasan bela negara, pemahaman atas pentingnya kesadaran risiko bisnis yang baik dan strategi mengelola risiko yang komprehensif akan meningkatkan kemampuan penciptaan nilai-nilai bisnis yang berkelanjutan.
Pemateri (Bapak Stephanus Paulus Lumintang) memberikan pemahaman yang komprehensif tentang salah satu instrumen investasi (Perdagangan Berjangka) sebagai satu resolusi alternatif wirausaha muda dalam meningkatkan kemampuan mengelola modal kerja yang efektif dan efisien di era digital. Narasumber menjelaskan 4 manfaat strategis atas Perdagangan Berjangka, yakni: (1) sebagai sarana price discovery (sarana untuk memperoleh harga kesepakatan yang terorganisir, transparan dan efisien); (2) sarana price reference (harga bursa sebagai acuan bagi investor); (3) sarana hedging (sebagai sarana untuk lindung nilai atau meminimalisir resiko karena fluktuasi harga; dan (4) sebagai alternatif investasi yang prospek. Untuk itu perlu pemahaman manajemen risiko yang komprehensif dan praktik perilaku etis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.
Dr. Khoirul Hikmah, S.E., M.Si selaku Koordinator Program Studi Magister Manajemen menutup diskusi dengan menekankan pentingnya pemahaman atas perbedaan pasar modal dan pasar berjangka yang telah dijelaskan narasumber akan memberikan informasi yang berimbang bagi mahasiswa dan dengan prinsip kehati-hatian berinvestasi untuk mengedepankan nilai-nilai transparansi dan komunikasi yang jujur antara investor dan pialang komoditas berjangka akan menghasilkan nilai margin yang optimal. Agenda perkuliahan sesi akademisi yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Fauzillah, akan semakin melengkapi pemahaman manajemen risiko yang komprehensif berbasis perspektif risiko bisnis syariah yang sedang populer.
7) Press Release: "Pelatihan Analisis SmartPLS"
Agenda kedua yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 September 2024 adalah kegiatan pelatihan PLS-SEM yang dihadiri oleh mahasiswa MM sebanyak 49 mahasiswa. Kegiatan pelatihan PLS-SEM dan penulisan daftar pustaka berbasis Mendeley adalah agenda rutin tiap semester yang diselenggarakan PS Magister Manajemen kata Dr. Khoirul Hikmah, S.E., M.Si. Maka kegiatan tersebut dinilai perlu untuk pengayaan materi bagi mahasiswa MM yang sedang menempuh Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Narasumber pelatihan PLS-SEM adalah Dr. Ahmad Ikhwan, S.E., MT yakni narasumber pelatihan yang secara berkala telah membagikan pengalaman praktik olah data dengan menggunakan PLS–SEM dan juga menginspirasi mahasiswa dalam elaborasi kebaruan model empiris. Mahasiswa diberikan penguatan tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang didukung referensi penelitian terdahulu yang lengkap.
Ketua Jurusan Dr. Titik Kusmantini, S.E., M.Si dalam sambutannya menyampaikan kegiatan pelatihan oleh data akan meningkatkan kemandirian mahasiswa untuk lebih siap ambil jalur publikasi artikel ilmiah di Jurnal bereputasi, baik di jurnal nasional terakreditasi sinta 1 atau 2 atau jurnal internasional terindeks scopus atau WoS. Tahun 2024, PS MM telah berhasil mendorong mahasiswa lulus melalui jalur publikasi sebagai opsi lain dari tesis. Ada 3 mahasiswa PS MM yang telah berhasil jalur publikasi, 1 mahasiswa terbit di Prosiding Internasional terindeks scopus dan 2 mahasiswa berhasil publikasi di jurnal nasional terindeks SINTA 2.
8) Redesign Kurikulum Magister Manajemen
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Jaminan Kualitas Pendidikan menetapkan ketentuan mengenai jumlah mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa, baik di tingkat S1, S2, maupun S3. Khusus untuk mahasiswa S2, mereka diwajibkan menyelesaikan 54 hingga 72 satuan kredit semester (SKS) dalam rentang waktu studi 3-4 semester.
Sehingga, perlu dilakukan peninjauan kurikulum secara berkala. Prodi Magister Manajemen (MM) telah melakukan peninjauan kurikulum setiap dua tahun sekali dimana tahun ini mengangkat tema “Redesign Kurikulum”. Redesign kurikulum adalah proses menyempurnakan atau mengubah susunan, struktur, atau isi dari suatu kurikulum pendidikan. Hal ini bisa melibatkan peninjauan kembali tujuan pendidikan, metode pengajaran, materi pembelajaran, serta evaluasi yang digunakan dalam proses pendidikan. Redesign kurikulum biasanya dilakukan untuk memperbaharui pendekatan pendidikan, menyesuaikan dengan perkembangan terkini dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan relevansi dan efektivitas pendidikan dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tuntutan masa depan.
Redesain kurikulum memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:
Proses redesain kurikulum seringkali mendorong inovasi dalam pendidikan dan memperkuat hubungan antara praktisi pendidikan, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya, yang dapat berdampak positif pada perkembangan pendidikan secara keseluruhan.
Peninjauan kurikulum tahun ini diadakan di Balkondes Ngadiharjo-Magelang, Tanggal 17-19 April 2024 dengan tema : "REDESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA". Narasumber oleh Dr. Anida Binti Robani dari Institute of Technology Management and Entrepreneurship Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Melaka, MALAYSIA. Peserta Workshop dihadiri oleh Tim Kurikulum dan para dosen Prodi Magister Manajemen UPN Veteran Yogyakarta.
Workshop telah menghasilkan gambaran dan masukan bagi Tim Kurikulum dan Seluruh Tim Dosen Magister Manajemen bahwa kurikulum harus berwawasan internasional dengan salah satu indikator nya menggunakan RPS OBE dalam proses pembelajaran, melakukan rekognisi pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga penambahan SKS tidak menjadi beban bagi mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan.
9) Inisiasi Program Mobilisasi Mahasiswa Prodi Magister Manajemen Ke Thailand (Mei 2024)
Dalam rangka meningkatkan kapasitas pembelajaran dan daya saing internasional, Program Studi Magister Manajemen (MM) perlu untuk eksekusi program mobilisasi internasional. Beberapa program mobilisasi internasional yang telah dieksekusi prodi MM adalah student mobility; kolaborasi riset internasional; pengembangan kurikulum; visiting lecturer dan inisiasi kerjasama sertifikasi profesional internasional. Student Mobility Programme yang diinisiasi oleh Dr Titik Kusmantini, SE., MSi disambut antusias oleh Mahasiswa MM, program mobilisasi mahasiswa MM ke PT di LN pertama kali telah dilakukan di Management Science University (MSU) dan IPTEK, Universitas Teknologi Melaka Malaysia (UTeM) pada tanggal 14-17 Desember 2023, dan tim mobilisasi internasional pertama berjumlah 21 peserta terdiri dari 6 dosen dan 3 mahasiswa manajemen program sarjana dan 13 mahasiswa MM. Baru-baru saja Prodi MM telah melakukan program mobilisasi mahasiswa MM kedua, yakni pada tanggal 1 Mei 2024 di Thai Global Business Administration Technological College atau TGBC, Thailand. Peserta mobilisasi mahasiswa tahun ini diikuti oleh 10 mahasiswa MM dan 3 dosen. Adapun tim dosen yang ikut mendampingi kunjungan dalam rangka memenuhi undangan dari TGBC untuk berbagi pengalaman penelitian tentang Halal Supply Chain (oleh Dr Titik Kusmantini, SE, M.Si); Risk Management (Dr R Heru Kristanto, SE, M.Si) serta HRM Costing (Dr Purbudi Wahyuni, MM).
Alasan mengapa melakukan kunjungan di TGBC, pertama karena TGBC sebagai salah satu sekolah vokasi D3 dan D4 yang bereputasi dengan keunggulan laboratorium digital bisnis dan Artificial Intelligence yang bersertifikasi internasional, selain itu menurut Dr Titik Kusmantini, SE, Msi kampus TGBC sebagai salah satu kampus yang memiliki konsep pembelajaran praktis yang kuat oleh dosen praktisi dari berbagai perusahaan internasional dan multinasional. Pada tanggal 1 Mei 2024, sepuluh mahasiswa MM selain mempresentasikan proposal tesis mereka di depan civitas akademika TGBC juga mengikuti kuliah tamu atau sharing experience dari Prof Thammasak Upaphattavanij selaku CEO Srisawad Capital Public Co, LTD. Perusahaan Srisawad Capital sebagai salah satu perusahaan Financial Service Provider terbesar di Thailand dengan jumlah karyawan lebih dari 3.600 karyawan, dan Prof Thammasak membagikan pengalamannya tentang praktik kepemimpinan dan strategi rekrutmen SDM di era digital. Berbagi pengalaman dari praktisi tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa MM, karena profil lulusan Prodi MM yang ditargetkan adalah sebagai alumni yang siap menjadi pemimpin atau wirausahawan yang berwawasan bela negara.
LAMPIRAN: