Kuliah Dosen Praktisi dari Bank BPD DI Yogyakarta

Peserta acara kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi sejumlah 50 mahasiswa dan dosen Jurusan Ilmu Ekonomi. Narasumber pada acara yang disenggarakan pada hari Selasa 30 Mei 2023 ini  adalah Dian Ari Ani , S.E.,M.M dengan pembahasan utama mengenai fluktuasi dunia perbankan dan dasar hukum perbankan.

Terdapat pergeseran perilaku akibat era ekonomi digital, dimulai dari perubahan struktural organisasi, dan perilaku konsumen. Perbedaan antara 1.0, 2.0, 3.0, dan 4.0 dirasakan sangat besar sehingga dibutuhkan kolaborasi dengan stake holder seperti perusahaan jaringan. Perubahan era diikuti dengan perubahan SDM yang berkaitan dengan integritas dan kinerja yang menggunakan teknologi untuk pemantauannya dan sertifikasi untuk bidang-bidang tertentu.

Perubahan struktur organisasi dari Bank Umum menjadi Bank Digital. Perubahan di teknologi informasi dengan layanan digital bank dan layanan UMKM berbasis teknologi. Strategi bisnis dan keuangan memiliki peluang dan tantangan baik dalam perlindungan, demografi, transaksi digital, dan peningkatan internet. Tindakan yang harus dilakukan untuk mitigasi risiko sistemik adalah Pengawasan regulator OJK terhadap Bank, keamanan cyber yang canggih, keandalan sistem, dan keberlanjutan teknologi.

Diskusi tanya jawab antara narasumber dan mahasiswa yang dimoderatori oleh Kaprodi Magister Ilmu Ekonomi, Ibu Dr.E. Diah Lufti Wijayanti. Setelah diskusi tanya-jawab, acara  kuliah umum “Pengelolaan Perbankan di Era Ekonomi Digital dan Mitigasi Terhadap Risiko Sistemik” ditutup oleh Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Bapak Dr. Jamzani Sodik, M.Si.

Share: