Collaboration Initiation: Management Science University (MSU) Malaysia

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian di kalangan aktivitas akademika di Indonesia adalah melakukan kerjasama internasional dengan perguruan tinggi lain di luar negeri. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, setidaknya telah menuntut lembaga perguruan tinggi di Indonesia, untuk melakukan penguatan kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi dan kapasitas di bidangnya masing-masing.

 

Kemitraan di bidang akademik, khususnya untuk seminar, konferensi, dan kerjasama peningkatan mobilitas internasional dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan dosen sudah menjadi bagian dari kerja-kerja kewajiban universitas di Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir. Dengan diluncurkan program MBKM dari Kementerian Pendidikan RI mewajibkan lembaga lembaga akademis di Indonesia memiliki mitra lembaga pendidikan luar negeri untuk saling berkolaborasi dalam hal penelitian, pendidikan serta pengabdian (Tri Dharma Perguruan Tinggi).

 

Dokumentasi Prosesi Kegiatan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN Veteran Yogyakarta pada hari Kamis, 31 Januari 2024 menerima kunjungan dari Management Science University (MSU) Malaysia dalam rangka melanjutkan diskusi peluang kerjasama yang telah dibahas sebelumnya. Pertengahan Desember 2023 tim dosen dari Program Studi Magister Manajemen telah melakukan studi banding dan penjajakan peluang kerjasama antara UPN Veteran Yogyakarta dengan MSU, Malaysia. Delegasi dari MSU yang berkunjung ke UPN Veteran Yogyakarta : (1) ChM Eva Tan Lee Yin, PhD selaku Senior Manager of Global Affair serta (2) Ahmad Pitra, PhD selaku manager of Global Affair diterima oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta jajaran pengelola di FEB, Kepala UPT Bahasa dan Internasional serta Ketua LPPM UPN Veteran Yogyakarta.

Pertemuan telah menghasilkan kesepakatan untuk selanjutnya diproses kerja sama antara kedua belah pihak secara desk-to-desk, selain itu kesepakatan kerjasama yang akan diimplementasikan mencakup beberapa kegiatan:

  1. Peluang dibukanya program Dual Degree antara Master of Management di MSU dan FEB UPN Veteran Yogyakarta.
  2. Peluang dibukanya program lanjutan dari sarjana ke jenjang Pascasarjana Internasional di MSU untuk tiga program studi Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan.
  3. Program KAMPUS Merdeka untuk mahasiswa, yaitu program Exchange bagi Mahasiswa ke MSU (resiprokal); mobilisasi mahasiswa MSU untuk mengikuti short course di UPN Veteran Yogyakarta
  4. Peluang untuk melakukan internasional research
  5. Program PKM Mahasiswa dan dosen
  6. Program visiting lecturer dalam skema kegiatan kuliah tamu; konferensi internasional.

 

         Untuk mendukung pelaksanaan program yang telah disepakati, kedua belah pihak telah sepakat untuk melanjutkan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta (Dr Sujatmika, MSi) bersama Graduate School of Management (Prof. Zunirah Binti Moh Talib). Informasi lebih lanjut yang memerlukan kegiatan sosialisasi ke mahasiswa terkait program dual atau double degree antara program master of management di MSU dan Prodi MM, FEB UPN Veteran Yogyakarta. Informasi persyaratan program double degree mensyaratkan telah menempuh dua semester dengan IPK > 2,25; score IELTS 5,5; paspor dan visa (kesanggupan sebagai mahasiswa tinggal di Malaysia selama 2 semester).

Share: