Press Release: "Executive Talk: Build a Culture of Risk Awareness and Integrated Risk Management"

Sabtu, 14 September 2024, Jurusan Manajemen Program Magister menyelenggarakan kuliah umum untuk menyambut  mahasiswa baru Semester Gasal 2024/2025 yang berjumlah 55 mahasiswa. Orasi kuliah umum direncanakan diberikan oleh akademisi dan praktisi, Orasi praktisi disampaikan oleh Presiden Direktur Bursa Berjangka Jakarta Bapak Stepanus Paulus Lumintang dengan topik “Executive Talk: Build a Culture of Risk Awareness and Integrated Risk Management”. Sementara orasi akademisi tentang Risk Management akan disampaikan pekan depan oleh Prof. Dr. Fauzillah Saleh dari Universitas Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia. Menurut Dr. Titik Kusmantini, S.E., M.Si selaku Ketua Jurusan Manajemen tajuk orasi kuliah umum dipilih sesuai dengan isu keberlanjutan bisnis di era kompetisi yang tidak dapat diprediksi. Dalam upaya mempersiapkan lulusan sebagai wirausaha yang profesional, kreatif, inovatif, adaptif dan berwawasan bela negara, pemahaman atas pentingnya kesadaran risiko bisnis yang baik dan strategi mengelola risiko yang komprehensif akan meningkatkan kemampuan penciptaan nilai-nilai bisnis yang berkelanjutan.

Dokumentasi Prosesi Kegiatan

Pemateri (Bapak Stephanus Paulus Lumintang) memberikan pemahaman yang komprehensif tentang salah satu instrumen investasi (Perdagangan Berjangka) sebagai satu resolusi alternatif  wirausaha muda dalam meningkatkan kemampuan mengelola modal kerja yang efektif dan efisien di era digital. Narasumber menjelaskan 4 manfaat strategis atas Perdagangan Berjangka, yakni: (1) sebagai sarana price discovery (sarana untuk memperoleh harga kesepakatan yang terorganisir, transparan dan efisien); (2) sarana price reference (harga bursa sebagai acuan bagi investor); (3) sarana hedging (sebagai sarana untuk lindung nilai atau meminimalisir resiko karena fluktuasi harga; dan (4) sebagai alternatif investasi yang prospek. Untuk itu perlu pemahaman manajemen risiko yang komprehensif dan praktik perilaku etis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dr. Khoirul Hikmah, S.E., M.Si selaku Koordinator Program Studi Magister Manajemen menutup diskusi dengan menekankan pentingnya pemahaman atas perbedaan pasar modal dan pasar berjangka yang telah dijelaskan narasumber akan memberikan informasi yang berimbang bagi mahasiswa dan dengan prinsip kehati-hatian berinvestasi untuk mengedepankan nilai-nilai transparansi dan komunikasi yang jujur antara investor dan pialang komoditas berjangka akan menghasilkan nilai margin yang optimal. Agenda perkuliahan sesi akademisi yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Fauzillah, akan semakin melengkapi pemahaman manajemen risiko yang komprehensif berbasis perspektif risiko bisnis syariah yang sedang populer.

Share: