Inisiasi Program: EXSTANSION 2024

Yogyakarta - Dalam rangka pengembangan ilmu mahasiswa Ekonomi Pembangunan UPNVYK telah diselenggarakan sebuah online class “EXSTANSION (Experience & Study Relation)” yang berjudul "Pemanfaatan AI dalam Penulisan Jurnal/Karya Ilmiah". Acara ini merupakan program kerja baru yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UPNVYK berkolaborasi dengan RED (Research of Economic Development).

Exstansion dihadiri oleh mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Pembangunan UPNVYK. Adapun pembicara dalam acara ini adalah Ida Bagus Putu Cesario Putra, S.E., alumni EP UPNVYK. Acara dipandu oleh Master of Ceremony, Annisa Alfi Camilla, mahasiswa Ekonomi Pembangunan Angkatan 2023.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, mulai pukul 09.15 hingga 11.15. Lokasi penyelenggaraan acara adalah melalui platform Zoom Meeting, dengan panitia berkumpul terlebih dahulu di Perpustakaan Pusat UPN Veteran Yogyakarta agar pengoordinasian menjadi lebih mudah.

Sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan, pembukaan acara dimulai dengan membacakan tata tertib oleh MC, yang kemudian diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa. Selanjutnya, pembicara utama, Ida Bagus Putu Cesario Putra, S.E., memaparkan materi mengenai berbagai aplikasi AI yang dapat digunakan dalam penulisan jurnal dan karya ilmiah.             Kemudian, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kuis yang melibatkan partisipasi aktif dari peserta. Acara ditutup dengan dokumentasi sebagai tanda selesainya kegiatan.

 Dokumentasi Prosesi Kegiatan Secara Daring 

“Kegiatan ini sangat menarik dan informatif semoga diadakan kembali kegiatan semacam ini, agar mahasiswa dan umum dapat ilmu yang baru mengenai penulisan karya ilmiah.” kata Hariestya Zaki Akmal Aulia, salah satu peserta Exstansion melalui link presensi yang telah panitia buat.

Meskipun kegiatan berjalan sesuai rencana, tetapi masih terdapat beberapa kendala teknis yang diidentifikasi sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan kualitas acara Exstansion selanjutnya. Dengan demikian, diharapkan webinar ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para peserta untuk mengembangkan kemampuan penulisan jurnal dan karya ilmiah dengan memanfaatkan teknologi AI yang canggih.

 

Share: