Inisiasi Program: "Redesign Kurikulum Magister Ilmu Ekonomi FEB"

Pada hari Kamis, 12 September 2024, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta (FEB UPNYK) menyelenggarakan kegiatan workshop yang berfokus utama pada redesain kurikulum Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (MIE). Kegiatan ini berlokasi di Hotel Grand Rohan, D.I.Yogyakarta

Kegiatan yang mengundang narasumber Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Yogyakarta Dr. Sri Susilo, sebagai perwakilan dari asosiasi profesi, yang juga turut dihadiri oleh: Dekan FEB UPNYK Dr. Januar Eko Prasetio, Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UPNYK Dr. Diah Lutfi Wijayanti, Kaprodi MIE FEB UPNYK Dr. Joko Susanto, dan sejumlah dosen Prodi MIE antara lain: Prof. Didit Welly Udjianto, Dr. Sultan, dan Dr. Achmad Syarifudin.

Tidak hanya itu, kegiatan workshop ini juga menghadirkan beberapa stakeholders' seperti: pengguna lulusan, dan alumni Prodi MIE, meliputi Direktur Kepatuhan Bank BPD DIY, Dian Ariani S.E., M.M sebagai perwakilan dosen dari kalangan profesional. 

Menurut Dr. Januar, ”Redesain kurikulum merupakan kegiatan wajib Prodi MIE UPNYK dan harus melibatkan pemangku kepentingan, pengguna lulusan, alumni, dosen, dan mahasiswa.” 

Menanggapi kegiatan ini, Dr. Diah Lutfi berpendapat bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan redesain kurikulum adalah sebagai persiapan reakreditasi Prodi MIE. Dan dalam mempersiapkan tersebut, Dr. Sri Susilo berpendapat bahwa ”Kurikulum baru setidaknya harus memperhatikan beberapa faktor, internal dan eksternal.

Menurutnya, faktor internal adalah ketersediaan sumber daya, termasuk dosen dan infrastruktur pendukung. Faktor eksternal antara lain permintaan pasar, regulasi pemerintah, dan kemajuan teknologi. Redesain wajib melibatkan pengguna alumni, alumni, asosiasi profesi, dosen, dan mahasiswa.

Ia menyatakan kurikulum Prodi MIE UPNYK sudah menuju pro pasar. Program Studi MIE sudah mempersiapkan mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan ketersediaan sumber daya.

Share: