DETAIL INFORMASI
Matakuliah dan Konsentrasi :: dipost pada 21 Mei 2019

Mahasiswa Prorgam Studi Ilmu Ekonomi akan menempuh studi sebanyak 45SKS dengan masa studi selama empat semester (dua tahun). Stuktur kurikulum etrdiri dari Matakuliah Wajib dan Matakuliah Konsentrasi bidang peminatan. Matakuliah wajib disampaikan untuk memperkuat basis ilmu ekonomi mahasiswa, sehingga mampu memecahkan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi. Mahasiswa juga diberikan matakuliah alat, berupa metode kuantitatif dan kualitatif untuk membantu menganalisis permasalahan ekonomi dan menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Mengingat setiap keputusan ekonomi atau kebijakan ekonomi tidak hanya berdasarkan basis ilmu ekonomi, namun ada unsur politik dan faktor lainnya, mahasiswa dibekali dengan ilmu ekonomi politik. 

Matakuliah Konsentrasi ditempuh sesuai bidang peminatan mahasiswa. Ada empat bidang peminatan uang disediakan, yaitu:

1. Konsentrasi Perencanaan dan Pembangunan Wilayah

Kompetensi yang diharapkan adalah lulusan mampu menyusun perencanaan wilayah baik perdesaan/perkotaan maupun regional.

2. Konsentrasi Ekonomi Mineral

Kompetensi yang diharapkan adalah lulusan mampu menyusun analisis harga dan perdagangan energi, kelayakan investasi mineral, dan pemberdayaan kawasan pertambangan yang berkelanjutan.

3. Konsentrasi Moneter dan Perbankan

Kompetensi yang diharapkan adalah lulusan mampu menyusun analisis kebijakan moneter dan perbankan, mengelola risiko perbankan dengan baik, dan menguasai tatakelola perbankan yang baik.

4. Konsentrasi Keuangan Private dan Publik

Kompetensi yang diharapkan adalah lulusan mampu menyusun analisis keuangan sektor private dan publik, pengelolaan aset, analisis pembiayaan sektor private dan publik.

Bidang peminatan tidak terbatas pada keempat konsentrasi di atas. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat menuntut adaptasi yang cepat pula. Magister Ilmu Ekonomi selalu mengupdate tuntutan ke depan, karena kami menyiapkan mahasiswa untuk masa depan bukan masa lalu. Konsentrasi dapat berkembang sesuai perkembangan zaman. Mahasiswa diperkenankan memilih konsentrasi sesuai bidang peminatan yang diinginkan.


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)