DETAIL INFORMASI
SAMBUTAN KETUA PRODI ILMU EKONOMI :: dipost pada 20 Juli 2020

 PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

Selamat Datang di Prodi Studi  Ekonomi Pembangunan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ”Veteran” Yogyakarta dibuka tahun 1993 dalam naungan Universitas sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan, kemudian menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sejak tahun 1995 dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak Oktober 2014. Program studi ini didirikan guna memenuhi permintaan dunia kerja, baik pemerintah maupun swasta, akan kebutuhan sarjana ekonomi (ekonom) yang handal dalam menganalisis masalah-masalah mikro dan makro ekonomi serta mempunyai kemampuan sebagai pengambil keputusan dari beberapa alternatif solusi, secara lebih spesifik adalah  pada  pembangunan ekonomi.

Akreditasi terakhir terhadap Program Studi  Ekonomi Pembangunan  diajukan  pada tahun 2017, dan berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional RI, Sertifikat Nomor: 3677/SK/BAN-PT/ Akred/S/X/2017 tanggal 10Oktober 2017, mendapat peringkat Terakreditasi A.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ”Veteran” Yogyakarta, Visi Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah “Menjadi Program Studi Ekonomi Pembangunan berdaya saing Regional ASEAN di akhir Tahun 2022, yang dilandasi Jiwa Bela Negara”. Visi ini konsisten dengan Visi UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu pencapaian UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai universitas pionir pembangunan yang dilandasi jiwa bela negara di era global.

Sumber daya manusia merupakan aspek yang sangat penting dalam pengembangan Program Studi  Ekonomi Pembangunan. Proses pembelajaran didukung oleh 18 tenaga dosen tetap,  dengan kualifikasi  dosen dengan jenjang pendidikan S3 sebanyak 7 orang dan  jenjang S2 sebanyak 11 orang,  dimana 4 orang diantaranya masih dalam rangka menyelesaikan studi S3. Selain dosen yang telah mempunyai kualifikasi S2 dan S3, fasilitas pembelajaran, baik berupa ruang perkuliahan maupun sarana pendukung lainnya cukup memadai. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sistem Satuan Kredit Semester (SKS), dengan beban minimal 145 SKS (kurikulum 2015) untuk dapat memperoleh gelar  Sarjana Ekonomi .Pada tahun 2015 Program Studi Ekonomi Pembangunan menggunakan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Website ini memberikan berbagai informasi mengenai Program Studi Ekonomi Pembangunan , mulai sistem kurikulum, deskripsi mata kuliah, tenaga pendidik, maupun kegiatan-kegiatan terbaru dari  Program Studi Ekonomi   Pembangunan  . Semoga informasi yang tersedia dapat berguna untuk mengenal dan memberi gambaran mengenai  Program Studi  Ekonomi Pembangunan,khususnya untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa

Selamat menggali informasi, dan selamat berkarya!

 

Dr. Jamzani Sodik, SE, M.Si


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)