DETAIL INFORMASI
Jenis layanan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa :: dipost pada 07 November 2019

Jenis layanan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa  untuk membina dan mengembangkan penalaran, minat, bakat, seni dan kesejahteraan mahasiswa. Jenis pelayanan kepada mahasiswa antara lain: (1) Bimbingan dan Konseling, (2) Minat dan Bakat , (3) Pembinaan softskill, (4) Layanan Beasiswa, dan (5) Layanan Kesehatan.

Kelompok Studi Mahasiswa

Pelaksanaan:

Jurusan Manajemen memfasilitasi terbentuknya kelompok-kelompok belajar mahasiswa sesuai minat konsentrasi belajar mahasiswa, antara lain:

1)    Kelompok Studi Manajemen Operasi (KSMO)

Kelompok Studi Manajemen Operasi (KSMO) dibentuk untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pengayaan terapan konsep-konsep manajemen operasional di perusahaan dan aplikasi metode penelitian topic manajemen operasi.

Kegiatan yang dilakukan kelompok studi manajemen operasi dalam bentuk:

a.    Sharingknowledge dan kunjungan pabrik (Study on plant)  perusahaan (UMKM) milik alumni; seperti perusahaan UMKM Coklat Monggo, PT Harpa Inti Mandiri, PT Djawa Furni Lestari dan UMKM Coklat Ndalem;

b.    Diskusi dan Focus Group Discussion (FGD). 

c.     Membantu pelaksanaan kegiatan kuliah tamu

d.    Mengadakan pelatihan “Global Supply Chain Dan Kinerja Ekspor UKM Indonesia”

e.    Menghadirkan praktisi dalam kuliah perdana, antara lain dari PT Chombipar dan Respicia

     

        Hasil kegiatan ini  adalah :

a.    Mahasiswa lebih memahami tentang manajemen bisnis secara nyata

b.    Mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana mengelola bisnis yang selaras dengan berbagai pihak terkait, seperti pemasok, vendor, agen distribusi dan lain sebagainya.

 

2)    Kelompok Studi  Pasar Modal (KSPM)

Kelompok Studi Pasar Modal ( KSPM ) sejalan dengan didirikannya galeri investasi yang merupakan hasil kerja sama antara Bursa Efek Indonesia (BEI), Danareksa Sekuritas dan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Kegiatan KSPM antara lain berupa:

a.    Mengadakan kelas khusus bersama BEI, dan kelas edukasi pasar modal,

b.    Bedah Kasus,

c.     Mengikuti berbagai kompetisi,

d.    Mengadakan Seminar Pasar Modal,

e.    Mengelola majalah dinding,

f.     Study Banding dan Study Enkursi  

Semua kegiatan KSPM didokumentasikan dan diupload ke berbagai media sosial KSPM, seperti Official Account Line  KSPM UPN “Veteran” Yogyakarta dengan alamat @hfi2002r, Official Account Instagram KSPM UPN “Veteran” Yogyakarta, serta blog  KSPM dengan alamat https://kspmupnvyk.wixsite.com/kspmupnyk.

Hasil dari kegiatan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) diantaranya adalah munculnya investor-investor muda dari kalangan mahasiswa

 

3)    Kelompok Studi Sumber Daya Manusia (KSSDM)

Kelompok Studi Sumber Daya Manusia (KSSDM) dibentuk dengan tujuan untuk membangun mahasiswa menjadi sumber daya-sumber daya yang “siap” dalam menghadapi era global dan meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui generasi muda sebagai penerus bangsa di era perubahan.

Kegiatan yang dilakukan oleh KSSDM antara lain :

a.    Mengadakan workshop Kepemimpinan  dan perannya pimpinan BPR Profidana Pratama

b.    Mengadakan workshop Manajemen Pengetahuan

c.     Mengadakan worksop Manajemen Talenta

d.    Melakukan kunjungan ke berbagai usaha kecil menengah (UKM) terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam dunia nyata, antara lain ke Pabrik Gula Madukismo

 

4)    Kelompok Studi Manajemen Pemasaran (Marketing Studi Club)

Kelompok Studi Manajemen Pemasaran (MSC) dibentuk untuk membantu mahasiswa dalam memahami fenomena dunia pemasaran dan mendorong mahasiswa memiliki kemampuan analitik serta merangsang mahasiswa untuk dapat aktif, kreatif dan inovatif sehingga nantinya diharapkan dapat membangun usaha secara mandiri. Kegiatan yang dilakukan KSMP antara lain dalam bentuk:

a.    Focus Group Discussion (FGD) dengan pemilik UKM  antara lain pemilik UKM Oshe Foods, Tape Ketan 38, Ice Chocolate Caribia, Sisterclay, Maraville Coffe, dan Kukadokamu, untuk menggali informasi lebih mendalam tentang aktivitas-aktivitas dalam manajemen dan risiko yang sering dihadapi UKM.

b.    Studi enkursi ke berbagai UKM seperti UKM Siomay Umay, Burgerax, dan Thiwul Ayu Mbok Sum;

c.     Mengikuti berbagai kompetisi di bidang pemasaran.

d.    Melakukan mini research untuk mendukung kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Hasil kegiatan MSC didokumentasikan dan diupload ke media sosial www.youtube.com , dengan link antara lain:

a.    https://www.youtube.com/watch?v=5Z27_ju5Egl&feature=youtu.be

b.    https://youtu.be/EjAbzinlZMg

c.     https://youtu.be/YxxspOqNq00

d.    https://youtu.be/KHDSH99DB88

e.    https://youtu.be/HIKTg7paGmE

f.     https://youtu.be/tID2d0AKpr4

g.    https://www.youtubt.com/watch?v=qTcQX_pvDLI

 

Pelatihan bagi Mahasiswa

Pelaksanaan:

Pelatihan mahasiswa diselenggarakan oleh LPEM (Laboratorium Pengembangan Ekonomi Manajemen) dalam rangka meningkatan ketrampilan dan mendukung kesiapan mahasiswa memasuki bursa tenaga kerja nantinya. Kegiatan pelatihan umumnya bersifat berkelanjutan dan sifatnya opsional bisa diikuti oleh mahasiswa PS Manajemen yang berminat atas program pelatihan yang diselenggarakan LPEM.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan adalah:

1)    Pelatihan metodologi penelitian bisnis, praktik pembuatan instrumen penelitian, strategi penyebaran kuesioner yang efektif.

2)    Pelatihan pengambilan keputusan berbasis aplikasi Software POM

3)    Pelatihan Pasar Modal bagi Kelompok Studi Manajemen Keuangan dan Pasar Modal.

4)    Pelatihan manajemen ritel, aplikasi barcode system, pelatihan merancang marketing plan bagi Kelompok Studi Manajemen Pemasaran.

Hasil:

1.    Menambah wawasan mahasiswa tentang dunia bisnis secara nyata

2.    Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dan menjalin relasi dengan pihak lain.

Bentuk: Beasiswa

Pelaksanaan:

1.    Beasiswa yang diterima mahasiswa PS Manajemen berasal dari berbagai sumber, baik dari internal institusi (Universitas) maupun dari luar Universitas.

2.    Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dan diberikan rutin setiap tahun.

3.    Beasiswa yang berasal dari luar Universitas antara lain berasal dari : Dikti, BIDIKMISI, PT. Jarum, Kopertis Wilayah V DIY, Yayasan Toyota dan Astra, Yayasan Supersemar, BPPA, CSR Bank BPD DIY, BBP PPA dan lain-lain.

4.    Mahasiswa memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa dari luar dengan mengikuti seleksi yang diadakan oleh pihak Universitas.

 


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)