DETAIL INFORMASI
Laboratorium Mikro & UMKM :: dipost pada 07 Oktober 2019

A.DESKRIPSI LABORATORIUM

Laboratorium Ekonomi Mikro dan  Usaha Mikro Kecil dan Menengah  merupakan laboratorium yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan pada diri mahasiswa dan juga membantu  para  pelaku UMKM untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan usaha mereka. Laboratorium ini merupakan bagian integral  Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta.  Pada awal berdirinya laboratorium Prodi Ekonomi Pembangunan mengemban tugas utama untuk menyelenggarakan praktikum pengantar aplikasi komputer, statistik, dan ekonometrika. Pada tahap perkembangan saat ini laboratorium dikembangkan dengan tujuan utama untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: kegiatan pendidikan/pelatihan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Laboratorium Ekonomi Pembangunan terdiri dari Laboratorium   Ekonomi Makro dan  Perbankan (Lab PEP), serta  Laboratorium Ekonomi  Mikro dan UMKM .  Dengan berpegang pada slogan “EDUCATION FOR ALL” dan ber-visi “BELAJAR UNTUK MENJADI LEBIH BAIK” maka kami menawarkan program untuk kalangan akademisi, praktisi bisnis, aparat pemerintah dan masyarakat umum yang dikemas dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan.      

 

B. PENGELOLA

Laboratorium Ekonomi Mikro dan UMKM dikelola oleh seorang Kepala Laboratorium  yaitu Wahyu Dwi Artaningtyas, S.E.MSi , didukung oleh pengajar dan peneliti pada Prodi Ekonomi Pembangunan, Prodi lain di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta, dan  praktisi yang sesuai dengan bidang keahliaannya. Dibantu pula dengan staff assisten laboratorium yang terlatih dan handal dalam hal analisis ekonomi.

 

C. CAPAIAN KOMPETENSI

Laboratorium  Ekonomi Mikro dan UMKM  didirikan dengan tujuan utama sebagai pusat pengembangan dan studi Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM), dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai pelatihan,  dimana pelatihan  tersebut  ditujukan kepada pelaku UMKM dan mahasiswa tingkat akhir. Tujuan utama pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan manajemen pelaku UMKM, dan  membekali lulusan dengan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Pelatihan ini bekerjasama dengan Bank Indonesia, PT Permodalan Madani, dan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Yogyakarta.  Berbagai pelatihan  yang diberikan pada  laboratorium Ekonomi Mikro dan UMKM  antara lain :

1. Pelatihan kepada para pengrajin di beberapa UMKM  yang menjadi mitra pada program Pengabdian bagi Masyarakat 

2. Pendampingan secara intensif dan berkesinambungan pada UMKM binaan yang menjadi mitra

3. Pendampingan pada mahasiswa dalam penyusunan proposal PKM Kewirausahaan

4. Pendampingan pada mahasiswa membuat unit usaha di kampus  yang dikelola oleh MHJ

5. Kunjungan ke berbagai UMKM untuk melihat secara langsung praktek kewirausahaan

6. Mendatangkan para wirausahawan yang berasal dari alumni untuk berbagi kiat kiat sukses berwirausaha

D. FASILITAS LABORATORIUM

Salah satu fasilitas yang dimiliki adalah ruang komputer dengan fasiltas sebagai berikut:

1. Personal Komputer berbasis Intel Core i3 Sebanyak 30 Unit yang didukung dengan sistem operasi Windows 10.

2. Semua komputer terhubung dalam jaringan Local Area Network (LAN) dan internet selama 24 jam nonstop.

3. Perangkat  lunak komputasi Ekonomi yang handal, antara lain: SPSS 13.00, Eviews 5.0, Stata ,  MS Office, dan perangkat lunak open source lainnya.

4. Ruang Laboratorium seluas 6 M X 10 M yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan sound system.

5. Ruang kesekretariatan yang representatif.

6. LCD Projector, Scanner, dan printer jaringan

7. Perpustakaan dan pusat data ekonomi


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)