DETAIL INFORMASI
Laboratorium Akuntansi :: dipost pada 07 Oktober 2019

Laboratorium dalam manajemen perguruan tinggi merupakan unsur penting dan salah satu syarat bagi keberadaan suatu perguruan tinggi. Peranan penting  laboratorium guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan di perguruan tinggi dalam menyiapkan kompetensi peserta didik, antara lain : memperkaya keilmuan, teknologi, dan seni serta mengembangkan dan menggunakannya di tengah kehidupan masyarakat. Serta berperan sebagai kekuatan moral dan keunggulan kompetitif. Dukungan laboratorium dalam proses belajar di perguruan tinggi dapat dimaknai dalam tridarma perguruan tinggi agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangnya dan mampu bersaing dalam situasi gobal. Keberadaan laboratorium di perguruan tinggi juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran dan latihan secara praktis kepada mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Ketika perguruan tinggi menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan atau dunia industri dalam mengembangkan proses pembelajaran dan peningkatan ketrampilan teknis guna menghasilkan lulusan yang kompeten. Praktikum yang dilaksanakan oleh mahasiswa memberikan pengalaman teknis yang relevan dan dibutuhkan oleh dunia usaha, dunia industry, atau pangsa kerja dimana lulusan bekerja. Dalam konteks ini, laboratorium yang digunakan sebagai tempat praktikum tidak hanya terbatas pada laboratorium yang dikelola oleh perguruan tinggi akan tetapi juga dapat menggunakan laboratorium yang dikelola oleh dunia kerja.

Laboratorium Jurusan Akuntansi dibuat untuk memberikan wawasan dan melatih mahasiswa agar mampu mengimplementasikan teori-teori yang telah diberikan dalam mata kuliah teori. Jurusan Akuntansi memiliki  4 (empat) laboratorium yaitu:

  1. Laboratorium Akuntansi yang membawahi Praktik Akuntansi Pengantar, Praktik Akuntansi Biaya dan Praktik Akuntansi Manajemen.
  2. Laboratorium Komputer membawahi Praktik Aplikasi Komputer, Praktik Statistik dan Praktik Komputer Akuntansi.
  3. Laboratorium Pengauditan membawahi Praktik Pengauditan dan Praktikum Sistem Informasi.
  4. Laboratorium Perpajakan membawahi Praktik Perpajakan dan Brevet Pajak A/B.

 

  1. PENGELOLA

Laboratorium Jurusan Akuntansi dikelola oleh masing-masing Kepala Laboratorium (Kalabid) yang secara struktural berada dibawah Jurusan Akuntansi.

Kalabid Laboratorium
Kunti Sunaryo, SE.,M.Si,Ak,CA Akuntansi
Indra Kusumawardhani, SE.,M.Sc,Ak,CA Komputer
Sri Astuti, SE.,M.Si,Ak,CA Pengauditan
Dra. Sri Luna Murdianingrum, M.Si,Ak,CA Perpajakan 
 

 Laboratorium Akuntansi

  1. Setelah menyelesaikan mata kuliah praktik Akuntansi Keuangan, mahasiswa diharapkan mampu membantu perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan.
  2. Setelah menyelesaikan mata kuliah praktik Akuntansi Biaya, mahasiswa diharapkan mampu membantu perusahaan dalam penyusunan laporan biaya produksi.

Setelah menyelesaikan mata kuliah praktik ini mahasiswa diharapkan mampu membantu perusahaan dalam menganalisis perrnasalahan yang timbul dan mampu memberikan rekomendasi bagaimana perusahaan melakukan pengambilan keputusan.‚Äč

FASILITAS-FASILITAS

Laboratorium di Jurusan Akuntansi memiliki ruang tersendiri untuk semua kegiatan praktikum, peralatan yang memadai untuk mendukung kegiatan praktikum dan modul untuk membantu mengerjakan berbagai kasus yang terkait dengan praktikum tersebut. Khusus untuk Brevet Pajak A/B diberikan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan.

Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi berkapasitas 35 komputer personal dengan spesifikasi komputer terkini dilengkapi dengan printer dan jaringan internet. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa secara gratis (kecuali cetak). Tersedia software-software olah data yang sangat membantu para mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai tugas dan pengolahan data.

Fasilitas laboratorium komputer yang lengkap diharapkan dapat memudahkan bagi mahasiswa untuk mempelajari komputer, mengolah data, dan memakai word processor. Bagi yang sering berhadapan dengan pengolahan data, fasilitas ini tentunya sangat membantu mempercepat proses pengolahan data dan bagi dosen, fasilitas tersebut sangatlah membantu dalam memperlancar proses belajar mengajar tentang komputer dan pelajaran statistik.

 


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)