DETAIL INFORMASI
Deskripsi Lab. Pasar Modal :: dipost pada 07 Oktober 2019

  • Dasar Pemikiran

Kuatnya arus globalisasi menuntut bangsa Indonesia memiliki Sumberdaya Manusia (SDM) yang profesional dalam segala bidang. Keadaan ini bagi UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan tantangan sekaligus peluang untuk berperan aktif di dalamnya dengan menempatkan diri sebagai kekuatan intelektual dalam membangun masyarakat dan bangsa Indonesia yang cerdas, tangguh, profesional dan berkeadaban, mengingat UPN “Veteran” sebagai perguruan tinggi  yang mewarisi cita-cita luhur para Veteran Republik Indonesia. Untuk itu, dukungan baik software maupun hardware sangatlah penting.

Salah satu dukungan (hardware) di UPN “Veteran” adalah keberadaan laboratorium khususnya laboratorium keuangan & pasar modal di jurusan manajemen Fakultas Ekonomi. Keberadaan lab mempunyai tugas pokok memberi dukungan dalam penyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan yang menjadi kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT. Danareksa Sekuritas, serta pengembangan kegiatan masahasiswa terutama yang berkaitan dengan kegiatan kelompok studi pasar modal (KSPM).

Dalam perkembangannya Laboratorium Keuangan & Pasar Modal berhasil menjalin kerja sama dengan PT BEI & PT Danareksa Sekuritas mewujudkan adanya Pojok BEI dan diresmikan pada 10 Mei 2012, dan sampai saat ini sudah perpanjangan kerja sama yang pertaman. Pojok BEI saat ini namanya menjadi Galeri Investasi BEI yang ada di Perguruan tinggi mengemban tugas: sosialisasi & edukasi pasar modal. Adapun bentuk kegiatannya antara lain:

  1. Sosialisasi & Edukasi Publik
  2. Pelatihan analisis fundamental
  3. Pelatihan analisis teknikal
  4. Simulasi transaksi saham
  5. Praktik transaksi saham
  6. Sekolah Pasar Modal
  7. Pengenalan Pasar Modal ke Sekolah Menengah Atas
  8. Diskusi seputar masalah keuangan & psr modal melalui KSKPM (Kelompok Studi Keuangan & Pasar Modal)
  9. Seminar: Peluang karir di pasar modal
  10. Kuliah Umum
  11. Dll keg yang relevan dg bid keungan & psr mdl

Dengan beragam kegiatan di LKPM, diiharapkan mahasiswa tidak saja berpengetahuan tetapi sekaligus  mampu berbuat dan bertindak sehingga aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa berjalan beriringan sehingga dihasilkan lulusan yang  profesional di bidang keuangan & pasar modal.

  • Visi: menjadi pusat kegiatan ilmiah dan  pembinaan profesionalisme bidang keuangan dan pasar modal bagi masyarakat akademis dan umum.
  • Misi: memberi nilai tambah bagi masyarakat akademis dan umum  serta menciptakan para profesional di bidang keuangan dan  pasar modal.
  • Tujuan: menghasilkan para profesional di bidang keuangan dan pasar modal di lingkungan akademis dan umum.
  • Organisasi & Tata Kerja
  • Organisasi Lab Keuangan & Pasar Modal berada di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dengan kepala laboratorium: Dr. C. Ambar Pujiharjanto, ME

Dalam melaksanakan tupoksinya, Kepala lab bertanggung jawab kepada Dekan FEB.

Fasilitas Yang Ditawarkan Laboratorium (termasuk Pojok BEI):

  • Pelatihan pembukuan bagi UKM
  • Pendampingan/Mentoring bagi mahasiswa
  • Pendampingan Kelompok Studi Pasar Modal
  • Pengambilan data keuangan berbasis pasar modal (harga saham, return, laporan keuangan perusahaan yang listing di BEI, IPO dll). 
  • Sosialisasi & edukasi Pasar Modal
  • Berbagai Pelatihan seputar pasar modal
  • Simulasi Perdagangan dengan data real time
  • Trading/investasi

Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)