DETAIL INFORMASI
Kerjasama Jur. Akuntansi FEB dengan KPP se-DIY :: dipost pada 21 Juni 2021

FEB UPNVY Sepakati Kerja sama dengan KPP se-DIY

Yogyakarta- Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) secara luring dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di Ballroom Hotel Harper Yogyakarta. PKS tersebut ditandatangani oleh Dr. Sujatmika, Drs., M.Si selaku Dekan FEB UPNVY dan Drs. Yoyok Satiotomo, M.A selaku Kepala Kanwil DJP Kemenkeu RI DIY, serta dihadiri segenap jajaran dari UPNVY {Dr. Ir. Singgih Saptono, MT. (Wakil Rektor Bidang III), Wakil Dekan Bidang I-III, Ketua Prodi Akuntansi} dan segenap jajaran dari Kanwil DJP DIY {Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bantul, Wonosari, Wates Sleman, dan Kota Yogyakarta). Sedianya, PKS yang ditandatangani pada 15 Juni 2021 tersebut bertujuan untuk melaksanakan kerja sama dalam realisasi program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dr. Inggih Saptono, MT. selaku Wakil Dekan Bidang IIIn (Kemahasiswaan dan Kerja sama) menyambut baik kerja sama antara Prodi Akuntansi FEB UPNVY dengan Kanwil DJP DIY. Beliau menyebutkan bahwa penting bagi seorang mahasiswa untuk memiliki hard skill yang diperoleh dari bangku perkuliahan dan soft skill yang diperoleh dari program magang, yang dalam konteks ini yaitu dengan mengimplemetasikan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) melalui program magang selama 6 bulan.

Senada dengan Dr. Inggih Saptono, MT., Dr. Sujatmika, Drs., M.Si selaku Dekan FEB UPNVY berharap dengan adanya realisasi program magang MBKM antara Prodi Akuntansi UPNVY dengan Kanwil DJP DIY dapat meningkatkan soft skill dari para mahasiswa Prodi Akuntansi di FEB UPNVY. Beliau menyebutkan jika di bangku kuliah mahasiswa mendapat ilmu tata cara pengisian SPT secara teoritis, dibandingkan dengan mahasiswa yang telah melaksanakan program magang, tentunya ilmu yang didapat lebih mendalam karena mahasiswa yang telah melakukan magang telah mengaplikasikan ilmu tersebut di dunia nyata dan diharapkan dapat men-transfer knowledge-nya kepada teman-temannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJP DIY, Drs. Yoyok Satiotomo, M.A menuturkan kerja sama ini merupakan kesempatan yang bagus untuk mengimplementasikan nilai bela negara. Mahasiswa yang melakukan program magang di KPP, yang selanjutnya disebut ‘Relawan Pajak’ dapat menjadi teladan dalam perilaku taat membayar pajak yang mana merupakan salah satu dari perwujudan semangat dan jati diri warga negara dalam mengimplementasikan bela negara.

 

Dr. Zuhrotun, SE., M.Si., Ak., CRP selaku Koor Prodi Akuntansi UPNVY memaparkan mengenai MBKM pada lingkup prodi Akuntansi UPNVY. Beliau menyebutkan bahwa MBKM di Akuntansi UPNVY telah dimulai dari semester gasal tahun ajaran 2020-2021. Program-program yang tertuang di MBKM yang telah diikuti mahasiswa-mahasiswa Akuntansi UPNVY yaitu: PERMATA-SAKTI, PERMATA MERDEKA, PERMATA UPN, Exchange (dengan RANGSIT dan TAU University), Kampus Mengajar (setara 12 SKS), Komponen Cadangan Kemenhan RI (setara 14 SKS), dan Program magang. Program magang yang pada mulanya hanya senilai 6 sks, akan dikonversi menjadi 20 sks demi penyesuaian sesuai dengan MBKM yang diinisiasi Kemendikbud, ujar beliau. Program magang yang disebut sebagai “Relawan Pajak” pada DJP pun harus terdapat persamaan persepsi mengenai rubrik penilaian dan konversi penilaian, mengingat mahasiswa Akuntansi UPNVY dititipkan pada sejumlah KPP DJP DIY dan DJP DIY lah yang sepatutnya memberikan penilaian atas kinerja mahasiswa ‘Relawan Pajak’ selama melakukan magang.

“Kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa Akuntansi UPNVY minimal semester 3 untuk kuliah di luar kampus UPNVY. Salah satunya yaitu dengan mengikuti program magang ‘Relawan Pajak’ dari Kanwil DJP DIY. Dengan mengikuti program magang pada MBKM, nantinya akan ekuivalen dengan 20 SKS. Pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, terutama untuk mengaplikasikan edukasi perpajakan kepada masyarakat.


Kontak Kami


Fakultas Ekonomi UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283 (Kampus Pusat)